Akhir-akhir ini banyak yang menanyakan kita bagaimana caranya berbicara dalam bahasa Inggris dan tidak sedikit juga yang menanyakan bagaimana caranya agar bisa lulur test berbicara dalam ujian IELTS. Namun, inti dari semuanya itu adalah komunikasi bukan? Sehingga, presentasi dalam bahasa Inggris pun termasuk bagian dari komunikasi dalam bahasa asing. Namun, banyak sekali orang yang berkata bahwa presentasi dan berbicara adalah hal yang berbeda.

 

Secara teori memang ada beberapa hal yang berbeda antara berbicara dengan presentasi atau lebih sering di sebut dengan “Public Speaking “. Public speaking sendiri adalah kegiatan menyampaikan pendapat, opini atau secara sederhana berbicara di depan umum, sedangkan berbicara atau conversation adalah proses dimana terjadinya proses hubungan timbal balik antara pembicara dan penerimanya. Tetapi, secara komunikasi hal ini adalah hal yang kurang lebih sama, karena kita menyampaikan pesan sebagai sender dan orang lain akan berfungsi sebagai receivernya. Secara mendasar, public speaking adalah proses menyampaikan opini pendapat kepada dua atau lebih orang. Jika demikian, saat kita sedang bercerita kepada teman kita yang berjumlah dua atau lebih orang berarti kita sedang melakukan proses public speaking.

 

Menurut survey yang dilakukan di Amerika, hasil menunjukan bahwa orang Amerika lebih takut berbicara di depan umum dibandingkan dengan meninggal. Hal ini menunjukan bahwa ternyata banyak orang yang memiliki ketakutan jika mereka harus menyampaikan pendapat kepada banyak orang di depan umum. Kemudian, karena mereka orang Amerika tentu mereka akan melakukan public speaking atau presentasi di depan orang banyak dalam bahasa Inggris. Tetapi, untuk kita orang Indonesia atau mungkin orang-orang yang tidak berbahasa Inggris dari awalnya dan kita harus belajar bahasa Inggris dan mempresentasikan pendapat kita dalam bahasa Inggris di depan umum adalah hal yang sulit. Kenapa? Karena untuk berbicara dengan seseorang dalam bahasa Inggris saja sudah cukup membuat kita tegang dan gugup yang akhirnya membuat kita tidak mampu berbicara dan hasilnya tidak memuaskan. Sekarang bayangkan, jika untuk berbicara atau bercakap-cakap dalam bahasa Inggris saja sudah cukup menakutkan untuk kita, bagaimana dengan melakukan presentasi dalam bahasa Inggris didepan orang-orang asing? Atau ya di depan orang Indonesia juga mungkin sudah cukup menyeramkan. Kita mungkin bisa bayangkan tingkat kesulitannya seperti melakukan marathon, tetapi berlari mundur. Arti dari perumpamaan ini adalah memang hal ini sulit dan cenderung menghabiskan energi dan tenaga, tetapi apakah kita bisa melakukan marathon mundur jika kita mau terus berusaha? Tentu saja itu bukanlah hal yang mustahil untuk di lakukan. Hanya saja cukup sulit dan tidak terbiasa.

 

Nah sekarang, untuk kita yang percaya bahwa nothing is ever impossible, mau tidak sekarang kita berjanji bahwa kita akan belajar bagaimana berbicara dalam bahasa Inggris dengan tujuan untuk berbicara di depan umum dalam bahasa Inggris? Karena saat ini kita tahu banyak sekali universitas-universitas yang memiliki persyaratan bahasa Inggris sebagai persyaratan masuk universitas, begitu pula dengan perusahaan-perusahaan. Sehingga, di perusahaan pun kita akan dituntut untuk bisa melakukan presentasi dalam bahasa Inggris.

 

Kalau begitu bagaimana caranya agar kita bisa berbicara di depan umum dalam bahasa Inggris? Tentu segala sesuatu perlu plan dan strategi yang baik untuk menguasai sebuah kemampuan. Berikut beberapa hal yang mungkin bisa kalian lakukan untuk melatih kemampuan presentasi dalam bahasa Inggris.

 

Pertama, kenali diri kalian sendiri. Tentu sebelum kita tahu strategi apa yang cocok untuk diri kita sendiri dan plan apa yang baik untuk kita, kita harus tahu dimana kita berdiri saat ini. Artinya kita harus tahu di titik mana kita lemah dan dimana kekuatan kita berada. Kemudian, barulah kita membuat perencaan. Karena, jika kita melihat secara temperamen manusia, ada tipe-tipe orang yang takut berbicara di depan umum karena memang takut dilihat orang, ada juga yang takut karena tidak bisa membuat persiapan tentang apa yang mau dibicarakan dan ketakutan-ketakutan yang lainnya. Oleh karena itu, kita harus tahu apa yang menghalangi kita untuk tidak bisa melakukan presentasi dalam bahasa Inggris. Jika ketakutan kita dibagian persiapan topik, berarti kita harus belajar bagaimana planning, namun jika ketakutan kita berada di kepercayaan diri berarti kita perlu jam terbang yang lebih banyak lagi.

 

Kedua, latihlah berulang-ulang. Kenapa kita perlu melatihnya berulang-ulang? Karena kita perlu tahu bagaimana kita terlihat di depan kaca saat berbicara di depan umum dan kita perlu tahu di kata-kata bahasa Inggris apa yang kita merasa takut salah dan cenderung “misspell”. Kemudian, dengan begitu kita akan terbiasa dengan kata-kata tersebut, tentu saja ini bukan hanya untuk presentasi bahasa Inggris saja tetapi juga bahasa-bahasa yang lain.

 

Ketiga, minta saran dan pendapat dari orang lain. Terkadang kita malu untuk minta pendapat dari orang lain atau kita takut untuk mendapatkan kritikan yang buruk dari orang lain. Tetapi, kritik adalah hal yang bagus untuk kita, artinya orang lain bisa melihat hal yang kita tidak lihat dan memberitahukan titik-titik dimana kita bisa terus melatih kemampuan kita berbicara dan presentasi dalam bahasa Inggris.

 

Keempat, banyak nonton acara-acara public speaking dalam bahasa Inggris, salah satu yang menjadi sumber kita untuk belajar presentasi dalam bahasa Inggris adalah Tedx. Menurut kami, belajar dari yang sudah di bidangnya adalah hal yang sangat baik, kita perlu mencontoh orang-orang yang ahli dan menyesuaikannya dengan diri kita sendiri. Karena, pada akhirnya kita harus menjadi diri kita sendiri sambil terus belajar dari orang lain.

 

Kelima, percaya diri adalah pendorong terbesar kita dalam melakukan presentasi dalam bahasa Inggris. Karena percaya atau tidak dengan sedikit kepercayaan diri kita akan mampu mengalahkan setiap panggung yang kita hadapi. Saat kita melakukan presentasi atau public speaking, sebetulnya waktu atau momen-momen yang paling kritis adalah 5 menit pertama, karena di waktu tersebut kita sedang menyesuaikan diri dengan panggung yang kita hadapi. Jika dalam waktu 5 menit atau mungkin kurang dari 5 menit kita sudah bisa menguasainya, kita akan aman seterusnya, secara diri sendiri. Tetapi, tetap kita perlu kemampuan untuk membuat penonton atau pendengar juga merasa aman dan menikmati pertunjukan, tanpa kemampuan tersebut ya tentu saja kita akan nyaman tetapi tidak akan ada lagi orang lain yang akan menonton acara kita. Jadi, be confident with yourself.

 

Pada akhirnya, kita tetap perlu menyadari bahwa jika kita ingin terus naik secara karir kita akan di perhadapkan dengan yang namanya presentasi, dan karena dunia sudah semakin global maka tentu saja kita perlu melakukan presentasi dalam bahasa inggris. Jadi, apakah kalian sudah siap untuk menghadapi tantangan zaman?