Bahasa Korea saat ini mungkin adalah salah satu bahasa yang paling diminati oleh seluruh orang di seluruh dunia, khususnya anak-anak muda. Berbeda dengan bahasa Mandarin yang diminati oleh orang-orang karena perkembangan ekonomi yang mungkin akan segera melewati Amerika Serikat sebagai negara adidaya, tetapi berbeda dengan Korea Selatan yang menarik peminatnya lewat budaya popnya yang sangat terhubung satu dengan yang lainnya. Korea selatan dengan kemajuan budaya popnya entah lewat acara tv, musik dan juga dramanya banyak orang terikat dan tercandu oleh budayanya. Karena di dalam setiap acara tv dan juga dramanya mereka terus menggunakan hal-hal yang berbau Korea sehingga orang-orang di dunia sangat tertarik untuk mengunjungi negaranya, mencicipi makanan-makanan yang ada di dalam drama Korea dan acara TV, begitu juga dengan menguasai bahasa Korea yang banyak di anggap orang-orang sebagai bahasa yang “lucu”.

Tetapi, banyak orang tersangkut di cara penulisan bahasa Korea dan huruf Koreanya. Banyak yang mengira bahwa bahasa Korea memiliki cara penulisan yang membingungkan dan sangat sulit untuk di tulis karena bentuknya yang tidak biasa dan sangat mengintimidasi. Namun, kenyataannya huruf Korea diciptakan oleh Raja Sejong dahulu untuk membantu rakyat bawah untuk bisa membaca menulis dan berkomunikasi lewat bentuk penulisan. Oleh karena itu, kita tentu seharusnya bisa menulis dan membaca bahasa Korea.

Untuk bisa menulis bahasa Korea tentu kita perlu mengerti bagaimana sebuah huruf berbunyi dan kalian bisa cek Weespeak 90 Days Korean untuk mencoba untuk mempelajari huruf-hurufnya. Tentu saat belajar kalian bisa mengirimkan e-mail kepada kami jika terdapat pertanyaan. Tetapi, tujuan dari tulisan ini bukanlah untuk mengajarkan setiap huruf-huruf dalam bahasa Korea, melainkan untuk memberitahukan strategi-strategi untuk menguasai bahasa Korea. Jadi, kalau kalian ingin mempelajari bunyi-bunyi kalian akan lebih baik untuk mencoba membuka Weespeak 90 Days Korean.

Cara pertama untuk menulis bahasa Korea adalah tentu dengan menghafal huruf-huruf tersebut. Tetapi, bagaimana caranya kita menghafal huruf-huruf tersebut? Banyak orang meskipun sudah belajar huruf Korea tetap saja terpaku dengan penggunaan huruf alphabet untuk membantu mereka membaca bahasa Korea. Jadi, untuk mempercepat proses penghafalan akan sangat bijak jika mulai dari hari ini kalian membuang semua huruf alphabet dari kamus Korea kalian. Banyak orang bilang, “ah saya tidak bisa!” tentu saja kalian tidak akan bisa saat pertama kali, tetapi setelah beberapa pengulangan kalian akan lebih memilih menggunakan Hangeul dibandingkan Alphabet untuk bahasa Korea, banyak orang yang belajar bersama kami saat ini mengatakan bahwa mereka sekarang sangat sulit untuk melafalkan bahasa Korea di tempat-tempat karaoke, karena hurufnya terlihat sangat membingungkan dan terkesan menggunakan sangat banyak konsonan. Sebagai contoh: Kkaekeuthada 깨끗하다. Jika, kita melihat Hangeulnya dari huruf tersebut akan lebih mudah dibaca di bandingkan huruf Alphabetnya.

Kedua, perbanyak konten berbahasa Korea didalam kehidupan Anda. Cara termudah adalah dengan mengunjungi www.naver.com untuk belajar membaca meskipun kalian tidak mengerti artikel yang ditulis di website tersebut. Namun, itu adalah hal yang baik karena dengan begitu kita terbiasa untuk melihat huruf-huruf tersebut. Kemudian, saat menonton acara tv Korea Selatan, jangan hanya membaca subtitle yang tersedia, tetapi juga melihat huruf-huruf yang sering muncul di dalam acara tv tersebut. Tetapi, menurut kami hal tergila yang salah satu murid kami di program Weespeak 90 days Korean adalah dengan mengubah bahasa Handphonenya menjadi bahasa Korea. Ia menceritakan pengalamannya mengubah bahasa handphonenya, dan Ia merasa bahwa Ia menguasai huruf Korea dengan sangat cepat. Kenapa? Karena tentu saja Ia terus melihat Hangeul dalam kesehariannya. Mungkin banyak dari kalian berkata “pasti dia sudah bisa bahasa Korea”, tetapi kenyataannya Ia baru saja memulai belajar menulis dan membaca bahasa Korea, apakah Ia mengerti apa yang dibaca? Tentu saja tidak mengerti, karena untuk pemula, understanding bukanlah tujuan utama, tetapi bagaimana kalian bisa membiasakan diri dan belajar menulis dan membaca.

 

Ketiga, ini adalah salah satu hal yang juga gila. Kalian bisa saja menulis bahasa Indonesia menggunakan Hangeul. Menurut kami, ini juga salah satu cara tercepat untuk menghafal huruf-huruf bahasa asing, salah satunya adalah founder dari Weespeak Language School sendiri saat Ia menghafal huruf-huruf bahasa Rusia. Tentu di saat pertama kita menulis dan membaca akan sangat sulit untuk menguasai huruf dari bahasa tersebut, tetapi setelah beberapa saat dan tentu disaat kalian terbiasa dengan Hangeul semuanya akan terasa sangat mudah.

 

Keempat, disaat kalian belajar pertama kali tentu kalian akan bingung apakah yang kalian tulis itu benar atau salah. Tetapi, tentu cara terbaik untuk menguasai bahasa asing adalah dengan membuat kesalahan sebanyak-banyaknya. Kenapa? Karena saat kita membuat kesalahan kita belajar dari sana, saat kita tidak membuat kesalahan berarti kita tidak belajar dan kita tidak mencoba. Kenapa begitu? Karena di awal kalian belajar bahasa Korea, bahkan segala hal baik itu melukis, bermain bola basket, bahkan belajar menggunakan make-up, semua pemula akan melakukan kesalahan dan kesalahan bukanlah hal yang mengerikan dan bukanlah hal yang membuat kalian meninggal. Jadi, buatlah kesalahan sebanyak-banyaknya, kemudian untuk memastikan yang kalian tulis benar atau salah kalian bisa mengirimkan yang kalian tuliskan di facebook page kita di weespeaklangauges, kemudian kita akan mengkoreksi jika ada kesalahan dan akan memberitahukan jika kalian menulis dengan benar.

 

Kelima, ini adalah hal yang paling mendasar dalam menguasai kemampuan apapun termasuk bahasa Korea. Hal mendasar yang kalian harus ubah mulai dari saat kalian membaca artikel ini adalah ubah pola pikir dan pandangan kita tentang bahasa Korea. Jika, saat ini kalian masih berpikir bahwa bahasa Korea adalah bahasa yang sulit sehingga kalian tidak bisa menguasai bahasa Korea, mulai dari sekarang ubah pola pikir tersebut, bukan mengubah pola pikir kita dengan berkata “bahasa Korea adalah bahasa yang mudah” tentu itu adalah hal yang baik juga, tetapi pola pikir yang lebih kuat adalah seperti ini. “Benar bahasa Korea sulit, tetapi aku pasti bisa menguasai dan berbicara dalam bahasa Korea!” karena bukan hanya bahasa Korea sulit, hidup secara umumnya tidaklah mudah “Life is hard dude, suck it up!” artinya dalam hidup kita tidak akan menjalaninya dengan mudah, tetapi yang bisa kita lakukan adalah dengan meresponi kesulitan dengan pola pikir yang baik.

 

Jadi, jika kalian melakukan 5 hal ini dengan baik dan dengan konsisten, kami percaya kalian pasti bisa menguasai bahasa Korea tidak hanya bisa menulis bahasa Korea. Jadi, untuk kalian yang pertama kali belajar bahasa Korea, ini adalah beberapa cara menulis bahasa Korea dan tentunya jika kalian ingin mempelajari setiap hurufnya kalian bisa mengunjungi Weespeak 90 days Korean.