Tentu saja banyak sekali cara untuk belajar bahasa asing. Namun cara paling konvensional dalam mempelajari bahasa asing tentu adalah dengan pergi ke sebuah sekolah bahasa dan belajar dengan cara lecture. Tentu cara ini tidak sepenuhnya tidak efektif dan salah, karena terbukti banyak sekali orang yang berhasil menguasai bahasa asing dengan metode ini. Namun, apa yang terjadi jika metode yang kita pakai bertahun-tahun dahulu tanpa sebuah perubahan dan inovasi? Tentu saja pelajar muda saat ini akan merasa bosan, kenapa? Karena pelajar muda zaman dahulu dan zaman ini memiliki cara pandang, teknologi dan pola pikir yang berbeda. Oleh karena itu, apakah belajar offline sudah tidak efektif? Belum tentu? Namun apakah kita tidak akan terbuka dengan belajar online?

Tentu saja cara belajar online adalah hal yang masih sangat asing di telinga orang Indonesia karena kita selalu berpikir bahwa komputer, internet dan hal-hal yang berbau online hanya di gunakan untuk bermain dan menghabiskan waktu, bukan untuk belajar dan menambah wawasan. Namun, itu tidaklah benar, karena tentu kita bisa belajar dan menambah ilmu jika kita tahu bagaimana caranya. Salah satu hal yang kita bisa pelajari adalah bahasa asing, dan lewat internet belajar bahasa menjadi sangatlah mudah. Kenapa? Karena bahasa yang di gunakan di dunia maya atau internet sangatlah beragam bahkan bisa di bilang, semua bahasa bisa kita dapatkan di internet. Namun, untuk mencari seseorang untuk mengajarkan bahasa asing tentu perlu sedikit kerja keras untuk mencarinya. Tetapi, jika kita ingin belajar bahasa asing dengan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa dasarnya tentu akan sangat mudah namun bagaimana dengan bahasa Indonesia? Tentu akan lebih sulit.

Sebetulnya, jika kita lihat hal apakah yang membedakan antara belajar bahasa secara online dan offline. Offline disini kita berbicara mengenai seseorang yang datang ke sebuah tempat hanya untuk belajar lalu pulang lagi. Tentu yang kita dapatkan dengan jelas adalah interaksi antar manusia yang lebih langsung, kemudian kita juga memiliki papan tulis yang dapat menjelaskan hal-hal dengan lebih mudah. Namun, apakah hal-hal tersebut tidak bisa di dapatkan melalui platform online? Tentu saja bisa.

Belajar bahasa menggunakan platform online, entah itu menggunakan Skype sebagai tempat pertemuan atau google hangout sekalipun, semua yang kita dapatkan di kelas offline bisa juga kita dapatkan di kelas online. Face to face meeting? Suara? Papan tulis? Interaksi? Tugas? Materi fotokopi? Semuanya bisa kita dapatkan. Bagaimana? Tentu saja kita bisa menyalakan kamera dan menggunakan fungsi video untuk mendapatkan face to face meeting, suara sudah jelas bisa kita dapatkan. Papan tulis? Semua program ini menyediakan fitur share screen, sehingga dengan begitu guru bisa membagi layar komputernya dengan murid-murid, kemudian kita bisa menggunakan program sederhana seperti microsoft word sebagai papan tulis. Kemudian, interaksi? Dengan skype kita tetap mendapatkan interaksi yang sama antara murid dan guru sehingga hal ini sudah tidak perlu di pertanyakan lagi. Kemudian, tugas dan materi? Melalui internet kita dapat mengunduh dan mengunggah dokumen lebih cepat di bandingkan kita memfotokopi tugas yang sebetulnya juga merusakkan lingkungan. Namun, kenapa kita skeptis terhadap kelas online? Atau belajar online? Karena kita tidak terbiasa dengan hal tersebut. Oleh karena itu, kita perlu tahu, kita perlu membuka pikiran kita mengenai kelas online.

Sebaliknya, melalui kelas online atau belajar secara online ada beberapa hal yang tidak kita dapatkan, yang pertama adalah kemacetan, dan uang transportasi. Kenapa? Karena kita sudah tidak perlu lagi buang-buang uang dan waktu hanya untuk datang ke sekolah bahasa untuk belajar, kita hanya perlu membuat segelas kopi dan duduk di depan komputer dan semua pelajaran, teman-teman di kelas, dan juga materi sudah tersedia di internet untuk kita cerna. Oleh karena itu, hal-hal yang biasanya menghalangi semangat kita untuk belajar sudah di hapuskan melalui kelas online. Kemudian, kelas online juga membantu kita berkenalan dengan banyak orang baru dari berbagai kota. Bahkan, terkadang melalui kelas online kita bisa bertemu dengan orang lain yang berada di luar negeri dan menjadi teman dengan mereka. Oleh karena itu, belajar online bukanlah hal yang mustahil meskipun belajar offline pun bukanlah hal yang buruk pula. Hal terpenting tetaplah bagaimana kita bisa terus semangat belajar di lingkungan yang tidak biasa seperti lingkungan online.