Huruf Korea sangatlah mudah untuk dipelajari sehingga setelah bab ini kita tidak akan menggunakan alphabet lagi untuk membantu anda untuk membaca huruf korea. Karena huruf Korea memang diciptakan sedemikian rupa untuk memudahkan orang-orang untuk mempelajari dan membaca bahasa Korea.

o   Huruf Korea berbeda dengan huruf bahasa lain yang bisa berdiri sendiri, dalam bahasa Korea, setiap huruf harus berdiri berdampingan.

하= Ha= Konsonan+Vokal

한= Han= Konsonan+Vokal+Konsonan

읽= ilk= Konsonan+Vokal+Konsonan

o   Jika kita melihat seperti itu, mungkin akan sangat mengerikan bahasa Korea itu, tetapi sebenarnya huruf Korea sangatlah mudah untuk dikuasai. Berikut adalah urutan huruf hidup atau vokal dalam bahasa Korea

ㅏ= a     ㅣ= i      ㅜ= u     ㅔ= e     ㅐ= aeㅓ= eo                   ㅗ= o     ㅡ = eu

ㅑ= ya   ㅠ= yu  ㅖ= ye  ㅒ=ae      ㅕ= yeo    ㅛ=yo

o   Tetapi perlu di Ingat bahwa setiap vokal harus diikuti oleh konsonan. Sehingga berikut beberapa konsonan dasar.

ㄱ 기역 (giyeok)= G/K   ㄲ= kk   ㅋ=KH

ㄴ 니은 (Nieun)=N

ㄷ 디귿 (Digeut)=D/T    ㄸ=tt     ㅌ=TH

ㄹ 리을 (Rieul)=R/L

ㅁ 미음 (Mieum)=M

ㅂ 비읍 (Bieup)=B/P      ㅃ=bb   ㅍ=PH

ㅅ 시옷 (Siot)=S/T         ㅆ=ss

ㅎ 히읗 (Hieut)=H/T

ㅈ 지읒 (Jieut)=J/T       ㅉ=c          ㅊ=CH

Jika kita lihat bahwa setiap huruf konsonan Korea ada 2 bunyi, sebagai contoh ㅎ, sebenarnya suara itu tergantung pada posisi huruf tersebut. Jika huruf tersebut berada di awal kata maka bunyinya adalah huruf “H” tetapi jika posisinya di akhir kata maka bunyinya adalah huruf “T”. sebagai contoh:

하= Ha

핳= Hat

Dan begitu pula dengan huruf konsonan yang lainnya.

Kemudian kita liat bahwa ada beberapa huruf yang memiliki bentuk lain dan ada beberapa yang tidak memilikinya. Bentuk lain yang pertama adalah huruf kembar, yang hanya dimiliki oleh ㄱ,ㄷ,ㅂ,ㅅ,ㅈ. Mereka hanya memiliki satu suara yang mirip dengan huruf dasarnya tetapi seperti memiliki nada atau intonasi yang menurun, seperti nada ke4 dalam huruf mandarin. Contoh:

까, 뜨, 뽀, 싸, 짜

Bentuk terakhir dari konsonan adalah ㅋ,ㅌ,ㅍ,ㅊ. Setiap huruf ini memiliki ciri khas yaitu suara angin yang keluar dari huruf tersebut. Sebagai contoh:

카, 타, 차,파

o   Vokal Gabungan

ㅚ = wae

ㅟ = wi

ㅘ = wa

ㅝ = wo

ㅢ = eui

ㅞ = we

ㅙ = wae

o   “ㅇ” (이응) ieung

Huruf ini sangatlah spesial karena memiliki 3 bunyi yang berbeda disetiap posisi yang berbeda-beda. Bingung? Mari kita coba jabarkan satu-persatu di setiap posisinya. (TR5)

o   Diawal kata= bunyi kosong

Jika huruf ini berada di awal kata maka tidak ada bunyi yang keluar dari huruf ini, sehingga huruf selanjutnyalah yang menjadi bunyi awal. Sebagai contoh:

알다 = alda

o   Ditengah kata= huruf sebelumnya menggantikan posisinya

Jika huruf ini berada ditengah kata maka huruf sebelumnya menggantikan posisinya. Sebagai contoh:

맛있어요 = Masisseoyo. Bukan matittoyo. Karena huruf ㅅ yang ada dibawah naik menggantikan posisi ㅇdiatas sehingga dibaca seperti ini= 마시써요. Tetapi, tetap di tulis seperti ini 맛있어요.

o   Diakhir kata= bunyi “ng”

Jika huruf ini berada diakhir kata bunyi “ng” yang keluar dari huruf ini. Sebagai contoh:

방= Bang

짱= cang

Dan dengan ini kita sudah belajar semua huruf dalam bahasa Korea, mungkin sekarang anda masih sulit untuk mengingat semua huruf yang ada, dan anda tetap memerlukan waktu untuk membacanya secara lancar. Karena itu kami menyediakan beberapa kata-kata populer, artis-artis Korea, dan lain-lainnya untuk anda coba baca. Karena kami dengan sengaja tidak menuliskan huruf alphabetnya, untuk kebaikan anda kedepannya, sehingga disarankan untuk dicocokkan dengan rekaman yang ada.

고기

삼겹살

아이

오이

송중기

이광수

런닝맨

서울

유재석

하하

인도네시아

인도

강남스타일

부산

대전

제주

소녀시대

빅뱅

태양의후예

김지원

아이유

가족

일본

중국

미국

영국

컴퓨터

티비

송지효

비빔밥

짜장면

소주

맥주

치킨

카페

무지개

책상

의자

친구

오빠

엄마

아빠

동생

언니

누나

저는 인도네시아 사람 이예요

저는 한국어를 좋아해요

저는 한국어를 배우고있어요

저는 한국에 가고싶어요

저는 밥을 먹어요

저는 학교에서 중국어를 공부했지만 지금 중국어를 못합니다

저는 한국에 안가봤는데 너무 아름다워 보입니다

우리는 한국음식을 너무 좋아합니다

우리 엄마가 매일 한국드라마를 봐요

Berikut adalah bagaimana anda memperkenalkan diri dalam bahasa Korea.

안녕하세요, 저는 박철수 입니다. 저는 한국사람 입니다. 저는 스물살 입니다. 저는 인도네시아에서 살고있습니다. 저는 인도네시아를 너무 좋아합니다. 저는 인도네시아에서 삼성 회사에서 일하고있습니다. 인도네시아 음식이 너무 맛있습니다. 저는 인도네시아어를 배우고있습니다. 만나서 반갑습니다. 감사합니다.

Jika anda menyadari, mengapa dalam bacaan huruf ㅂ tidak dibaca “P”? berikutnya akan kami jelaskan di bab selanjutnya. 수고했습니다!