Dalam belajar bahasa asing sebetulnya ada banyak sekali cara untuk bisa menguasai bahasa asing tersebut. Khususnya, di zaman seperti saat ini terdapat banyak sekali cara-cara, metode-metode, materi-materi, dan juga konten-konten yang membantu kita untuk bisa menguasai bahasa tersebut di bandingkan dengan zaman dahulu. Kalau zaman orangtua kita dahulu mungkin belajar melalui buku adalah satu-satunya cara untuk menguasai bahasa asing, kemudian sekolah bahasa dan pertukaran budaya antar negara tidak sebebas dan seluar saat ini. Dahulu, mungkin hanya tersedia beberapa bahasa saja yang di sediakan oleh sekolah-sekolah bahasa, namun saat ini terdapat banyak sekali bahasa asing yang tersedia, bahkan kita bisa belajar bahasa apa saja lewat Internet. Kembali ke masalah cara-cara belajar, salah satu materi yang sangat membantu kita belajar adalah acara televisi luar negeri.

Dahulu, orangtua kita sebetulnya sudah terus menerus menekannya mengenai pentingnya “Immersion” tetapi mungkin mereka menggunakan bahasa yang berbeda sehingga kita tidak terlalu mengerti apa yang di maksud oleh orangtua kita. Salah satu cara untuk merasakan “immersion” dengan cara yang mudah, dan murah bahkan gratis adalah lewat acara tv. Acara tv adalah media yang sangat baik untuk belajar bahasa asing, karena acara tv menyediakan konten-konten dalam bahasa yang kita pelajari di berbagai macam topik. Jika, kita belajar lewat buku-buku kita hanya bisa menerima semua materi dan topik yang di sediakan oleh buku-buku tersebut, namun lewat acara tv kita bisa melihat bahwa kita di “bombardir” oleh berbagai macam acara tv, mulai dari berita tv, sampai drama, dari obrolan tentang ekonomi sampai tentang infotainment. Oleh karena itu, kita bisa memilih topik apa yang ingin kita pelajari. Sehingga, kita bisa belajar dengan lebih menyenangkan.

Hal kedua yang membuat acara televisi menjadi “sumber” belajar yang baik adalah karena orang-orang yang ada di dalam acara televisi tersebut. Pertama, sudah pasti orang-orang tersebut adalah penutur asli, jadi kita bisa belajar bagaimana bahasa tersebut di bicarakan, bagaimana mereka memotong kalimat-kalimat, kita juga bisa mendengar ritmik bahasa asing tersebut, dan dengan mengerti hal tersebut kita bisa menggunakan bahasa tersebut dengan lebih natural di bandingkan dengan orang-orang yang hanya belajar lewat buku saja. Kemudian, hal yang membuat ritmik dan pemotongan kata-kata penting juga adalah karena banyak dari kita tidak tahu dimana sebuah kata di potong sehingga kita cenderung menjadi bingung dan menjadi tidak mengerti apa yang kita sendiri bicarakan. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengerti bagaimana memotong dan menggunakan bahasa tersebut.

Hal ketiga yang menjadi kekuatan acara televisi, khususnya acara hiburan dan juga drama adalah penggunaan bahasa sehari-hari yang sangatlah berguna untuk orang-orang yang baru belajar sebuah bahasa. Alasannya karena sangat jarang dari kita yang belajar sebuah bahasa langsung kepada bahasa bisnis, ekonomi ataupun politik. Mungkin saja ada orang-orang yang seperti itu, namun sebagian besar dari kita akan menggunakan bahasa sehari-hari sebagai dasar dari kita membangun bahasa asing tersebut. Kemudian, semakin kita bisa menggunakan bahasa sehari-hari semakin kita bisa berlatih dengan penutur asli, karena penutur asli juga belum tentu mengerti bahasa-bahasa politik, ekonomi, ataupun keuangan. Tetapi, setiap penutur asli pasti bisa bahasa sehari-hari sehingga dengan mampu menguasai bahasa sehari-hari kita akan bisa berlatih dengan penutur asli, di bandingkan dengan orang-orang yang langsung menguasai bahasa-bahasa yang lebih bersifat topical. Lalu, dengan mengerti bahasa sehari-hari kita juga memiliki kesempatan untuk mengerti budaya yang ada di negara tersebut, dan pengertian akan budaya akan sangat membantu kita untuk menguasai bahasa tersebut.

Oleh karena itu, jangan rendahkan kekuatan acara televisi karena dengan sering mendengar dan menonton acara televisi banyak orang yang akhirnya bisa menguasai sebuah bahasa asing. Kemudian, bahasa asing juga membuat kita terdengar lebih alami di bandingkan dengan hanya belajar lewat sekolah dan buku saja. Jadi, mungkin ini nasihat yang belum pernah kalian dapatkan dari sekolah-sekolah bahasa, nasihatnya adalah jangan lupa untuk menonton acara televisi hari ini !