Sering kali kita mengungkit tentang betapa pentingnya berbicara dengan penutur asli, namun mungkin banyak dari kita yang bingung bagaimana bercakap-cakap dengan penutur asli, terlebih lagi untuk beberapa tipe orang yang terlahir dengan karakter cukup pemalu dan canggung dengan orang baru. Tetapi, permasalahan ini sebetulnya tidak hanya terjadi oleh orang-orang pemalu tersebut, namun juga di alami oleh orang-orang yang sebetulnya pemberani dan terkadang tidak tahu malu. Kenapa? Karena berbicara dengan penutur asing atau dengan orang asing adalah hal yang berbeda dengan berbicara dengan teman sebangsa. Oleh karena itu, hari ini kita akan membahasa beberapa tips percakapan bahasa Inggris, alasannya agar kalian semua bisa menggunakan tips ini dan dapat dengan berani berbicara dengan penutur asli.

  • Persiapkan kata-kata dan frase yang akan dipakai

Tentu dalam segala hal perlu persiapan, nah untuk berbicara dengan penutur asing tentu persiapa juga, persiapan apa saja yang sebetulnya kita perlukan agar kita bisa bercakap-cakap dalam bahasa Inggris dengan penutur asli entah itu dari Amerika Serikat, Inggris, Australian ataupun negara-negara lainnya. Persiapan yang kita perlukan sebenarnya adalah, topik pembicaraan yang akan kita bicarakan dengan si penutur asli, kemudian frase-frase dan juga kata-kata yang relevan dan cocok dengan topik pembicaraan yang kita akan bicarakan. Contohnya: jika kita ingin membicarakan kata-kata seputar bisnis dan ekonomi kita bisa mempersiapkan kata-kata sepertu economies of scale, supply and demand, supply chain, capital earning, ataupun kata-kata lainnya. Beda ceritanya jika kita berbicara soal budaya ataupun tentang politik. Jadi, tips pertama yang Anda perlu persiapkan sebelum memulai perbincangan tentu adalah kata-kata, frase-frase yang relevan dengan apa yang ingin kalian bicarakan. Tetapi, tentu akan lebih baik jika kalian mempersiapkan hal-hal lain, supaya seandainya si penutur asli tiba-tiba mengganti topik perbincangan kalian bisa langsung beradaptasi.

  • Latihan mengucapkan kata-kata tersebut

Kedua, pastikan kalian sudah mengucapkan kata-kata dan frase-frase tersebut. Kenapa? Karena jika tidak tentu kalian akan merasa susah atau canggung mengucapkan kata-kata tersebut, dan itu juga di karenakan otot di mulut kita yang belum terbiasa dan otak kita yang juga belum terbiasa dengan kata-kata tersebut. Sehingga, akan sangat baik jika kita bisa melatih kata-kata yang akan kita gunakan sebelum kita berbincang dengan penutur asing. Khususnya untuk bahasa Inggris, seperti yang telah kita bahas mengenai bahasa inggris, bahwa bahasa Inggris memiliki hal yang menyulitkan yaitu pengucapan kata-kata yang tidak sesuai dengan huruf yang di tulis. Sehingga, kita perlu cari tahu bagaimana kita harus mengucapkan kata-kata tersebut. Nah jadi, tips kedua belajar bercakap-cakap dalam bahasa Inggris adalah dengan melatih kata-kata tersebut sebelum kalian memulai berbincang dengan penutur asli.

  • Jangan takut salah

Ketiga, jangan takut salah. Mungkin faktor yang satu ini lebih kearah mental dan bukan kearah hal-hal yang berbau teknis. Namun, ini juga merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi proses percakapan dengan penutur asli. Di saat kita merasa tidak yakin dan takut salah, banyak kata-kata yang tidak akan keluar dari mulut kita dan tentu itu akan membuat kita menjadi sangat-sangat tidak efektif dan efisien dalam menggunakan waktu bercakap-cakap dengan penutur asli. Oleh karena itu, jangan takut dengan kesalahan, karena rasa takut salah adalah musuh terbesar dalam belajar bahasa asing. Kita tidak akan bisa maju kalau kita terus menerus di hantui oleh rasa takut salah. Jika Anda merasa tidak yakin dalam mengatakan sesuatu saran dari kami adalah katakan saja yang Anda rasa tidak yakin, jika benar tentu Anda akan merasa sangat senang, dan jika ternyata salah yasudah kemungkinan terbesar si penutur asli akan membetulkan Anda dan Anda belajar. Kedua-duanya adalah hal yang bagus untuk Anda jadi daripada tidak mengeluarkan kata-kata tersebut, lebih baik di keluarkan semua yang Anda rasa akan salah. Jadi tips percakapan dalam bahasa Inggris yang ketiga adalah miliki mental sebagai seorang yang tidak takut dengan kesalahan.

  • Ucapkan dengan lantang

Keempat, ucapkan setiap kata-kata dengan yakin, percaya diri dan lebih keras. Kenapa? Sebetulnya alasannya sangatlah sederhana, karena dengan berbicara lebih percaya diri dan khususnya lebih keras, akan membuat kita juga lebih percaya diri dan orang yang kita ajak bicara tentu juga akan lebih mengerti apa yang sedang kita bicarakan, di bandingkan dengan kita bicara dengan berkumur-kumur. Menurut saya, sesame bangsa saja belum tentu mengerti jika Anda berbicara berkumur-kumur. Jadi, percaya diri saja dan balas percakapan si penutur asing.

  • Jangan terintimidasi dengan tata-bahasa

Kelima, jangan terintimidasi dengan tata-bahasa. Terkadang orang-orang yang belajar bahasa hanya dengan guru dan tata-bahasa yang membosankan akan menjadi sangat berhati-hati dalam berbicara dalam bahasa Inggris. Alasannya kembali lagi ke atas, yaitu rasa takut dengan kesalahan. Padahal kita tahu jika kita salah kita tidak akan meninggal, namun itu adalah yang di rasakan ole banyak orang dan hal itu tidak hanya di Indonesia saja, beberapa negara Asia lainnya juga memiliki cara pandang dan pola pikir yang seperti itu, jadi jangan lupa bahwa selalin tata-bahasa itu penting namun terlebih penting kemampuan untuk mengerti dan mengucapkannya kembali ke dalam bahasa Inggris.

 

Jadi, tentu akan ada banyak cara-cara lain untuk belajar percakapan dalam bahasa Inggris dengan penutur asli. Namun, terkadang kita hanya terpaku dengan membaca dan mendengarkan saja tanpa mau mereproduksi setiap kata-kata yang telah kita pelajari. Karena tanpa latian secara nyata semuanya akan biasa saja. Jadi jika Anda ingin belajar percakapan dalam bahasa inggris pastikan Anda memiliki pola pikir dan ikutli lah cara=cara sepeti diatas.