Beberapa waktu yang lalu ada yang bertanya “Bagaimana caranya bisa berbicara bahasa Inggris dengan baik” ada juga yang bilang “ Aku mau bisa bicara bahasa Inggris dengan baik dan benar”. Kita lihat disini mereka bilang mereka ingin bisa “Bicara” dengan baik dan benar, artinya ini adalah kata kerja aktif dan berarti harus ada orang lain sebagai lawan berbicara mereka. Meskipun, dengan kemajuan teknologi saat ini kita bisa melihat bagaimana banyak orang bisa berbicara sendiri di depan kamera dan lain-lainnya. Namun, meskipun demikian kita tetap memerlukan kemampuan berbicara yang baik meskipun itu hanya di depan kamera, betul?

Sebetulnya untuk bahasa Inggris, segala hal yang sudah kita pelajari selama kita masih duduk di bangku sekolah sudahlah cukup banyak untuk mampu membuat kita bisa berbicara bahasa Inggris dengan baik dan benar. Coba bayangkan, kita belajar bahasa Inggris dari kelas 1 SD sampai kita 3 SMA, yang berarti kita menghabiskan 12 tahun dalam hidup kita untuk belajar bahasa Inggris. Seandainya, kelas bahasa Inggris di sekolah hanya 4 jam dalam satu minggu, berarti kita sudah belajar kurang lebih 2000 jam bahasa Inggris dan ini sudah dipotong dengan libur sekolah dan lain-lain. Apakah tidak cukup belajar 2000 jam?

Artinya, secara pengetahuan kita seharusnya sudah cukup, selama 2000 jam kita sudah diberikan begitu banyak materi mengenai belajar bahasa Inggris tetapi kenapa sampai hari ini kita masih menanyakan “bagaimana caranya bisa belajar bahasa Inggris dengan baik dan benar?”. Sekarang sudah bukan waktunya untuk menanyakan cara belajar lagi atau apa yang harus dipelajari tetapi bagaimana berbicara. It is time to put into practice!

Sekarang, seharusnya banyak dari kita sudah tahu mengenai aturan-aturan dalam bahasa Inggris dan tentunya beserta dengan kosa-kata dalam bahasa Inggris. Hal terpenting yang perlu kita lakukan bukanlah membuka materi-materi tersebut, tetapi langsung praktekan. Bagaimana cara mempraktekannya?

Cara paling sederhana untuk mempraktekan ini adalah dengan berbicara langsung dengan penutur asli, karena itu adalah cara belajar bahasa asing yang paling alami dan paling natural yang pernah ada dalam sejarah belajar bahasa asing. Tetapi, apa yang membuat kita tidak berani melakukan hal itu, bahkan untuk membayangkannya saja sudah mengerikan untuk beberapa dari kita. Alasannya, karena kita tidak memiliki kepercayaan diri dengan kemampuan kita sendiri, memang mungkin saat ini kemampuan berbicara bahasa Inggris kita masih sangat buruk, tetapi kalau kita tidak memulai untuk berbicara mau sampai kapan kita berdiri di posisi kita saat ini?

Cara terbaik untuk mengubah mimpi menjadi kenyataan adalah dengan melakukan hal-hal yang di butuhkan untuk menjadikannya kenyataan. Jika kita bermimpi untuk bisa sekolah di Inggris, Amerika atau luar negeri manapun, saat kita tidak bisa berbahasa Inggris tentu segala sesuatunya hanyalah sebuah mimpi dan angan-angan belaka. Tetapi, bagaimana membuatnya menjadi kenyataan? Kita harus bekerja keras, belajar bahasa Inggris dan lain-lainnya.

Pada akhirnya, hal terutama dalam mencapai mimpi kita adalah dengan memiliki kepercayaan diri bahwa kita mampu untuk mencapainya. Khususnya untuk bahasa Inggris, kepercayaan diri itu sangat berguna untuk kita berkomunikasi dengan orang-orang lain, apakah hanya untuk berbicara bahasa Inggris? Tentu tidak, untuk kita berbicara bahasa Indonesia saja kita butuh kepercayaan diri. Banyak dari kita takut saat kita disuruh untuk berbicara, padahal hal apa yang harus kita takuti saat kita sudah mempersiapkan segala sesuatunya.

Mempersiapkan segala sesuatu, berapa lama kita sudah mempersiapkan diri untuk berbicara bahasa Inggris? 12 tahun bukan? Apakah kita masih harus takut? Kita punya kemampuannya! Kita hanya perlu mempraktekkannya dan menggunakannya kedalam dunia nyata! Jangan takut salah karena itulah titik dimana kita belajar!

Jadi pada akhirnya, hal terpenting dari belajar bahasa Inggris bukanlah pengetahuan yang luar biasa mengenai bahasa Inggris tetapi mengenai kepercayaan diri kita dalam berbicara. Karena pengetahuan yang luar biasa jika tidak digunakan juga tidak memiliki arti sama sekali. Lebih baik sedikit pengetahuan tetapi banyak digunakan daripada banyak pengetahuan tetapi tidak pernah digunakan sama sekali.

Saat kita semakin banyak menggunakan bahasa Inggris semakin kita akan menjadi lebih terbiasa akan hal-hal tersebut. Hal-hal apa saja? Pertama adalah mengenai apa yang harus kita bicarakan di kondisi-kondisi tertentu, logat atau aksen dari lawan bicara kita dan yang terpenting adalah kita akan semakin terbiasa dengan bagaimana diri kita sendiri dalam berbicara bahasa Inggris. Karena terkadang beberapa dari kita masih tidak terbiasa mendengar diri kita sendiri berbicara dalam bahasa Inggris. Jadi, milikilah kepercayaan diri maka Anda akan berbicara bahasa Inggris dengan sendirinya.

Share This