Setiap orang memiliki pandangannya sendiri-sendiri bagaimana mengartikan kata “menyenangkan”. Ada sebagian orang yang mengkorelasikan kesenangan dengan banyaknya uang yang didapat dari belajar bahasa asing, ada juga yang menghubungkan kesenangan dengan keberhasilan menonton film kesukaannya tanpa subtitle atau ada juga yang menghubungkan kesenangan dengan berhasil berbicara dengan penutur asli tanpa ada hambatan. Oleh karena itu banyak orang yang merasa bahwa belajar bahasa Korea terlihat lebih menyenangkan atau mungkin belajar bahasa Mandarin lebih menyenangkan. Jadi, kalau dilihat semuanya itu tergantung dari perspektif kita melihat sebuah bahasa asing dan tujuan dasar kita belajar bahasa asing.

Tetapi, kalau kita lihat kebanyakan dari orang-orang, mau itu dari kelas manapun atau dengan tingkat pendidikan manapun, kita dapat melihat satu pola yang sama dalam menghabiskan waktu untuk bersenang-senang. Hal yang paling terlihat adalah banyaknya waktu yang digunakan untuk pergi menonton film di bioskop atau dengan menonton film di TV dan internet. Kebanyakan orang terlepas dari jabatan, umur atau jenis kelamin semuanya menikmati aktivitas yang bernama menonton.

Hal kedua adalah mendengarkan musik. Kita semua mendengarkan musik terlepas jenis musik apa yang kita dengarkan, karena hal yang menjadi esensi dari belajar bahasa asing lewat musik bukanlah jenis dari musik yang didengarkan melainkan bahasa apa musik atau lagu tersebut dinyanyikan. Kemudian, setiap kitapun mendengarkan musik hampir setiap saat. Sehingga, kemungkinan terbesar lagu tersebut akan tersimpan dengan baik didalam pikiran kita dan bisa kita keluarkan kapan saja kita ingin menyanyikannya.

Kalau kita melihat dari sini, kita bisa melihat terlepas dari tujuan utama kita belajar atau bagaimana kita mengkorelasikan kesenangan, kita bisa melihat ada dua hal yang menjadi kesenangan setiap orang, yaitu menonton film dan mendengarkan lagu. Dari sana kita bisa mengambil beberapa cara yang menyenangkan untuk belajar bahasa asing. Jadi, siapa yang bilang belajar bahasa asing harus dengan cara yang membosankan dan tidak seru.

Cara pertama adalah dengan mengumpulkan film-film yang kita suka, entah itu film horror, thriller, komedi, percintaan, pembunuhan atau apapun, meskipun kita akan menyarankan untuk menonton film komedi, kehidupan atau percintaan karena penggunaan kosa-kata yang lebih sederhana dibandingkan politik, pembunuhan atau bisnis. Namun, tentu hal tersebut pilihan dari setiap kalian yang ingin belajar, karena tujuannya adalah untuk bersenang-senang sambil belajar jadi tentu kita harus menonton hal yang membuat kita senang juga.

Kemudian, kita punya beberapa pilihan  dalam belajar bahasa lewat film. Pertama, tentu yang paling gampang adalah dengan menonton film dari Negara-negara dimana bahasanya kita sedang pelajari, jadi jika kita belajar bahasa Rusia ya kita akan lebih baik menonton film dari Rusia. Tetapi, cara lainnya adalah dengan mencari film-film yang kita suka meskipun bukan dari negaranya tetapi mengganti audio dari film tersebut ke bahasa yang sedang kita pelajari. Sebagai contoh: mungkin kita akan menonton film Avengers dalam bahasa Jerman. Hal ketiga yang bisa jadi alternatif adalah dengan mengganti subtitle dari film tersebut, jadi kita tidak membaca subtitle dalam bahasa Indonesia melainkan dalam bahasa yang sedang kita pelajari.

Dengan cara seperti ini kita tanpa sadar dengan belajar mendengarkan bahasa asing dan belajar bagaimana mengekspresikan beberapa frase-frase dalam bahasa tersebut. Saran kita adalah untuk mengulang beberapa kali satu film yang kalian tonton, tetapi sedikit demi sedikit hindari penggunaan subtitle. Sehingga, kalian sampai di satu titik dimana film yang kalian tonton sudah tidak lagi menggunakan subtitle.

Cara kedua, dengarkan lagu-lagu dari Negara dimana bahasanya kita pelajari. Tentu ini saran yang sangat sering di ucapkan oleh guru-guru dan website-website. Tetapi, apa yang membedakan saran kami dengan yang lain adalah bagaimana kalian “approach” setiap lagu tersebut. Jika, kita hanya menjadikan lagu tersebut sebagai latar belakang dari kita bekerja dan belajar saja, lagu tersebut akan sangat sulit menjadi bahan pelajaran yang baik untuk kita. Namun, jika kita mempelajari setiap kata-kata dari lagu tersebut dan kita mengerti setiap kata-kata yang tertulis barulah kita belajar sesuatu hal. Kenapa? Karena saat kita tidak tahu kata-kata yang kita dengar tentu akan terasa asing dan tidak berguna untuk kita, tetapi saat kita tahu arti dari setiap kata-kata tersebut barulah kata-kata tersebut berubah fungsi. Artinya, saat lagu tersebut menempel di otak kita, begitupun dengan artinya. Berbeda dengan lagu yang hanya menempel tanpa kita tahu arti dari kata-kata tersebut.

Tentu ada banyak cara lain untuk kita bersenang-senang sambil belajar bahasa asing, tetapi semoga 2 cara ini bisa menjadi alternatif buat teman-teman yang sedang belajar bahasa asing.

Share This