Belajar Bahasa 

Harus Belajar Bahasa Apa?

Terhitung sampai saat ini terdapat kurang lebih 7000 bahasa yang di gunakan setiap harinya di dunia ini. Namun, karena berbagai macam masalah yang ada setiap 14 hari terdapat satu bahasa yang mati. 

Jika kita melihat banyaknya bahasa yang saat ini dituturkan di dunia ini, tentu kita tidak akan mampu untuk menguasainya semua. Salah satu Hyper Polyglot di dunia ini, Giussepe Mezzofanti, di akui mampu berbicara dalam 38 bahasa asing, dan Ia membutuhkan waktu seumur hidupnya untuk menguasai bahasa-bahasa tersebut. Sehingga, jelas untuk kita yang memang memiliki pekerjaan yang tentu menuntut waktu dan tenang, prioritas untuk menguasai bahasa-bahasa apa saja sangat penting. Jadi, bahasa apa yang kira-kira di butuhkan oleh kita sebagai orang Indonesia?

 

Giusseppe Mezzofanti di akui mampu berbicara dalam 38 bahasa dan Ia membutuhkan waktu seumur hidupnya untuk menguasai bahasa-bahasa tersebut. 

Oleh karena kita tidak memiliki waktu yang sama seperti Giusseppe Mezzofanti dan mungkin jika tidak memiliki yang mendukung untuk proses penguasaan bahasa asing, belum lagi di tambah dengan kesibukan pekerjaan yang menuntut kita untuk serba cepat sehingga waktu untuk meningkatkan atau mempelajari kemampuan baru menjadi sangat terbatas. 

Jadi jika Anda bertanya bahasa apa yang harus saya pelajari, tentu Anda harus menanyakan kembali diri Anda, apa tujuan saya belajar bahasa ini atau belajar itu. Jika Anda adalah seorang yang pengusaha dan tinggal di Indonesia, bahasa-bahasa yang mungkin akan sangat membantu Anda untuk meningkatkan performa Anda sebagai pemimpin dan mungkin meningkatkan penjualan perusahaan Anda adalah bahasa Arab atau bahasa Mandarin. Tetapi, jika perusahaan yang di mana Anda memimpin memang memiliki hubungan dengan Korea atau Thailand contohnya, ya tentu akan sangat bijak jika Anda mempelajari bahasa Korea atau bahasa Thailand. 

Namun, jika Anda belajar karena ingin menguasai Hubungan Internasional, mungkin mempelajari bahasa-bahasa seperti bahasa Mandarin, Inggris, Rusia, Prancis, Spanyol atau bahasa Arab akan sangat membantu Anda, alasannya sangat sederhana karena itu adalah bahasa-bahasa yang di pakai di PBB. Tapi, jika Anda ingin menjadi duta di sebuah negara tertentu maka akan sangat bijak jika Anda mempelajari bahasa dari negara tersebut. 

Tetapi, jika Anda mempelajari sebuah bahasa karena menyukai budayanya, atau ingin berlibur ke negara tersebut tentu kemampuan bahasa asing akan sangat membantu Anda disana. Sebagai contoh, Anda suka dengan K-pop atau K-drama, tentu Anda akan belajar bahasa Korea. Tetapi, jika Anda suka dengan Anime maka belajar bahasa Jepang akan menambahkan kecintaan Anda terhadap budaya Jepang. 

Jadi jika Anda bertanya bahasa apa yang harus saya pelajari, tentu Anda harus menanyakan kembali diri Anda, apa tujuan saya belajar bahasa ini atau belajar itu.