Sama seperti berbagai tipe orang-orang yang ada di dunia ini dengan kesenangan dan ketertarikannya masing-masing, begitupun dengan orang-orang yang memang tertarik dengan dunia bahasa asing. Terdapat berbagai tipe orang-orang yang belajar bahasa asing, ada yang memang hardcore yang memang memusatkan seluruh hidupnya hanya untuk mempelajari bahasa asing, ada juga yang biasa-biasa saja, ada yang karena ketertarikan terhadap budaya, ada yang karena hubungan bisnis atau ada juga yang karena di suruh oleh orang tua mereka masing-masing.

 

Seperti dunia perfilman dan dunia permusikan yang sedang dibanjiri dengan besarnya Hallyu atau budaya Korea Selatan. Begitupun dengan dunia belajar bahasa asing. Memang tidak bisa di pungkiri Korea Selatan adalah negara yang sangat berhasil membangun persepsi melalui dunia Entertainmentnya. Tidak hanya disukai di negaranya sendiri atau di sekitaran negara-negara asia seperti Jepang, Tiongkok, Taiwan, Thailand atau Indonesia tetapi hal yang sama juga dilakukan oleh pecinta K-pop dari Eropa. Kita selalu memiliki persepsi bahwa negara-negara seperti Prancis atau Itali tidak akan tertarik dengan budaya Korea atau mungkin fashion-fashion Korea yang cenderung lebih menarik untuk negara-negara Asia karena kesamaan figur muka dan tubuh. Tetapi, kita melihat bahwa budaya K-pop membanjiri dunia ini bahkan banyak sekali fans-fans keras dari negara-negara tersebut, bahkan kalau kita dating ke Korea Selatan dan melihat sekolah-sekolah bahasa, kita bisa melihat betapa banyaknya orang-orang yang datang dari berbagai macam negara yang sungguh kita tidak akan bisa percaya. Kenapa? Karena kita selalu berpikir bahwa K-pop terkesan “Alay” padahal itu adalah budaya musik, salah, bahkan bukan sekedar musik saja, melainkan lifestyle yang sedang membanjiri dunia ini.

 

Oleh karena itu, banyak sekolah orang-orang belajar bahasa Korea. Sekarang kita akan melihat bagaimana dan tipe-tipe orang seperti apakah yang belajar bahasa Korea.

 

  1. Fans K-pop

 

Untuk K-pop fans memang terkadang kita tidak bisa pisahkan dengan pecinta drama Koreanya. Tetapi, akhir-akhir ini banyak sekali orang-orang yang suka K-pop tetapi belum tentu suka dengan K-drama. Terkadang mereka akan bilang bahwa drama Korea sangat cheesy atau sangat tidak realistis jadi mereka memutuskan hanya untuk menyukai musik Korea saja. Biasanya kata-kata digunakan oleh orang-orang ini adalah kata-kata yang muncul di lirik-lirik lagu yang terkadang terdengar aneh jika digunakan diluar konteks lagu. Tetapi, banyak sekali orang-orang yang memang tertarik dengan bahasa Korea karena musiknya.

 

 

  1. Fans K-drama

 

Untuk K-drama fans biasanya memiliki suku kata yang lebih natural dibandingkan dengan orang-orang yang belajar bahasa Korea karena suka dengan bahasa Korea. Kenapa? Karena kebanyakan dari orang-orang ini belajar bahasa Korea dengan cara yang memang jauh lebih natural dari orang-orang yang belajar bahasa Korea lewat buku atau sekolah bahasa. Sama seperti orang-orang yang belajar bahasa Indonesia lewat buku dan sekolah bahasa Indonesia, begitulah beberapa banyak dari kita. Biasanya fans K-drama memiliki kata-kata yang memang sangat terpakai untuk kehidupan sehari-hari meskipun mereka terkadang tidak bisa membentuk kalimat yang panjang dan lebih kompleks dan hanya terpaku pada ekspresi-ekspresi sederhana. Alasannya adalah karena bahasa Korea memiliki tingkat kerumitan yang cukup tinggi dan pelajaran mengenai tata-bahasa juga diperlukan untuk meningkatkan kemampuan.

 

  1. Pertukaran Pelajar

 

Biasanya orang-orang yang pergi ke Korea secara langsung karena pertukaran pelajar dari kampusnya. Kebanyakan dari orang-orang ini biasanya pulang dari Korea kembali ke Indonesia dengan tidak membawa bahasa Korea sama sekali. Ada beberapa alasan, pertama mungkin karena sekolah yang mereka datangi adalah sekolah Internasional dimana kemampuan bahasa Korea sangat tidak diperlukan. Kedua, karena mereka tidak tertarik dengan budaya Korea sama sekali, sehingga jika tidak diperlukan maka tidak perlulah untuk belajar bahasa Korea. Tetapi, untuk yang pergi ke kampus berbahasa Korea dengan memiliki minat yang besar dengan bahasa Korea akan mengalami tingkat perkembangan bahasa Korea yang sangat luar biasa. Karena, setiap hari mereka akan berkomunikasi dengan orang Korea langsung, melihat bahkan mengalami bahasa Korea itu secara langsung. Sehingga, bahasa Korea itu tidak hanya menjadi pengetahuan tetapi menjadi hidup.

 

  1. Keperluan Bisnis

Sejujurnya, tipe ini sangatlah jarang. Kenapa? Karena kemungkinan terbesar orang yang melakukan usaha dengan dengan orang Korea akan menggunakan penerjemah dan tidak akan susah-susah berusaha untuk menguasai bahasa Korea yang memang menurut mereka tidak terlalu terpakai selain dari acara ini. Sehingga, biasanya mereka hanya bisa menggunakan bahasa Korea yang hanya membuat mereka bisa makan dan tinggal saja, hal-hal lain diluar bisnis akan sangat tidak menarik orang-orang ini.

  1. Karir

Tentu keperluan bisnis dan karir adalah dua buah hal yang berbeda. Karir berarti kita bekerja dengan perusahaan Korea atau bekerja dengan perusahaan yang memiliki hubungan yang sangat dekat dengan perusahaan Korea. Oleh karena ini adalah masalah membangun hubungan, jadi bahasa yang digunakan oleh orang-orang yang belajar bahasa Korea karena ingin membangun karier tentu akan belajar kata-kata dasar yang memang tujuannya membangun hubungan bukan hanya karena pertukaran materi bisnis saja. Tetapi, semakin tinggi jabatan akan sangat mungkin mereka belajar bahasa Korea untuk keperluan presentasi dan lain-lainnya. Meskipun kemungkinan untuk bisa menjadi atasan di perusahaan Korea akan sangat menantang untuk banyak orang.

 

  1. Pacar atau Pasangan Hidup

 

Saat ini pertukaran budaya tidak hanya terjadi di dunia edukasi saja dimana murid dari Korea Selatan di datangkan dan ditukar dengan pelajar dari Indonesia. Melainkan, pertukaran budaya juga terjadi di dalam hubungan lawan jenis. Artinya, saat ini tidak banyak orang Indonesia yang memiliki istri atau suami atau mungkin baru pacar, seorang Korea. Orang-orang ini akan memiliki kemampuan bahasa Korea yang luar biasa khususnya jika orang Koreanya tidak bisa berbahasa Indonesia atau Inggris. Meskipun memang banyak juga yang tidak ingin berusaha mampu menguasai bahasa Korea karena merasa tidak penting. Tetapi, jika seseorang ingin menguasai bahasa Korea tercepat dan paling natural, ini adalah cara terbaik di bandingkan dengan belajar di Korea Selatan secara langsung.

  1. Suka Pada Bahasanya

 

Mungkin ini terdengar sangat trivial. Apa ada orang yang belajar bahasa Korea hanya karena ia suka bahasanya? Tanpa ada motiv khusus dibelakangnya? Tentu saja ada beberapa orang yang memang tidak memiliki tujuan khusus dan hanya karena kecintaan terhadap belajar bahasa asing dan karena ingin bisa berbicara bahasa Korea. Orang-orang seperti ini akan memiliki kosa-kata dan penggunaan bahasa yang kurang natural khususnya untuk pemula dan tingkat menengah keatas yang tidak memiliki teman bahasa Korea atau yang memang jarang mempraktekannya secara langsung. Sehingga, bahasa yang mereka gunakan adalah bahasa yang dipakai dan di ajarkan di buku saja.

 

 

Barusan adalah beberapa tipe orang yang belajar bahasa Korea karena alasan-alasan khusus. Tipe yang seperti apakah kamu? 😀

Share This