Tentu saat ini banyak sekali kata-kata bahasa asing yang tersedia di buku atau konten-konten yang kita tonton dan baca. Tetapi, kata-kata apa yang bisa kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari kita yang menjadi masalah, kenapa? Karena memang sering kali kata-kata yang dipelajari sangat tidak relevan dengan kata-kata yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari kita.

Berapa kali kita belajar kata-kata perpustakaan dan tidak pernah kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari? Atau mungkin nama-nama sayur atau binatang yang bahkan kita tidak pernah lihat dalam hidup kita sendiri? Kalau saya pribadi, sering sekali.

Nah, bagaimana caranya agar kata-kata yang kita gunakan bisa kita pakai dalam kehidupan sehari-hari? Berarti kita hanya perlu mencari kata-kata yang ada di dalam kehidupan kita sehari-hari. Sekarang bagaimana cara kita mendapatkannya? Kita hanya perlu melakukan beberapa langkah berikut ini:

  • Bangun tidur dan cek 3 kategori ini: Kata benda, Kata kerja, dan Kata sifat. Contoh: Saat kita bangun tidur, kita melihat ranjang, melihat tv, ac, mandi, makan  dan tentu ada banyak kata lain-lainnya.
  • Kemudian saat kita bekerja atau sekolah cari kata-kata yang ada disekitar tempat kita beraktifitas.
  • Sampai kita tidur kita bisa kumpulkan kata-kata tersebut.
  • Kemudian keesokan harinya karena kita akan bertemu kembali dengan kata-kata tersebut kita bisa mengingat kata-kata yang telah kita pelajari.

Menurut saya pribadi, paling tidak pelajari 5 kata dalam satu hari dan maksimal 10 kata dalam satu hari karena jika kita pelajari secara konsisten seperti itu dalam satu bulan saja, kita sudah bisa menguasai 150-300 kata baru dalam satu hari, dan jika kita konsisten selama 3 bulan, 450 kata sampai 900 kata. Kata-kata dalam jumlah sebanyak itu sudah sangat cukup untuk berbicara dalam bahasa asing.

Saat kita sedang di kafe contohnya, kita bisa keluarkan sebuah buku kecil dan lihat kata-kata yang  telah kita pelajari dan kita bisa berlatih dengan menulis ulang kata-kata tersebut di dalam buku yang kamu miliki. Sehingga, kamu bisa mengkoleksi kata-kata tersebut.

Share This