Sekarang kita akan mulai pembelajaran bahasa asing melalui blog. Jadi, tenang karena blog post ini akan bersifat sangat informal dan mungkin bahasa penulisannya pun akan lebih santai dan lebih informal. Oke tanpa basa basi lagi. Kita akan belajar hal pertama hari ini.

 

Transitive Vs Intransitive Verbs

 

Mungkin kalau kita lihat tata-bahasa ini kedengaranya sangat menakutkan dan membingungkan. Tetapi, kenyataannya hal ini sebetulnya sangat sederhana, karena kita sering menggunakan hal ini bahkan dalam bahasa Indonesia. Jadi yang pertama

Transitive Verbs

 

Apa itu transitive verbs? Adalah kata kerja yang bisa menerima objek. Kalau kalian lupa apa itu objek, objek adalah kata benda yang mendapatkan efek dari kata kerja. Sebagai contoh.

 

Saya makan nasi.

 

Nasi disini adalah kata objek dan makan adalah kata kerja yang memberikan efek kepada si nasi tersebut. Jadi transitive verbs adalah kata kerja seperti itu dan tanpa sadar ternyata kita juga sudah menunjukkan kepada kalian bahwa transitive verbs juga ada dalam bahasa Indonesia.

 

Contoh dalam bahasa Inggris:

 

  1. I buy a book
  2. Yesterday She ate my yogurt
  3. I read a really good magazine

Intransitive Verbs

 

Namun, berbeda dengan transitive verbs, intransitive verbs memiliki pengertian terbalik dari dari transitive verbs. Artinya, intransitive verbs tidak di ikuti oleh kata objek dan biasanya adalah kata kerja aktiv, contohnya: to go, to arrive, to sit, to sneeze to die. Namun, perlu di ingat bahwa ada banyak kata kerja lain yang bisa menjadi intransitive dan transitive, contohnya: to eat, to run dan lain-lainnya.

 

Contoh dalam bahasa Inggris.

 

Because of blood sugar problems, Rosa always eats before leaving for school.

Eats = intransitive verb.

If there is no leftover pizza, Rosa usually eats whole-grain cereal.

Eats = transitive verb; cereal = direct object.

During cross-country practice, Damien runs over hills, through fields, across the river, and along the highway.

Runs = intransitive verb.

In the spring, Damien will run his first marathon.

Will run = transitive verb; marathon = direct object.

Jadi, secara sederhana ini adalah transitive dan intransitive verbs! Kalau ada pertanyaan lebih lanjut, tentu bisa menghubungi kami lebih lanjut mengenai hal ini! 😀

 

Share This