Belajar Bahasa Mandarin Dasar

Bahasa China atau lebih sering disebut sebagai bahasa Mandarin adalah salah satu bahasa yang paling diminati oleh semua orang di dunia oleh karena berbagai macam alasan. Tidak hanya orang-orang Asia atau orang-orang keturunan Tiongkok saja yang mempelajari bahasa Mandarin namun juga berbagai macam orang-orang lain dari berbagai macam latar belakang, sebagai contoh: orang-orang Rusia, Afrika, Arab, Eropa, Amerika ataupun orang-orang Latin. Oleh karena itu banyak sekali orang-orang dari berbagai macam negara belajar bahasa Mandarin bahkan datang ke China untuk belajar bahasa China atau bahasa Mandarin. Alasan kenapa orang-orang tersebut belajar pun berbeda-beda, ada yang belajar karena pesatnya perkembangan ekonomi Tiongkok, sehingga banyak orang datang untuk perkembangan diri sendiri, ada juga yang datang untuk mempelajari budayanya sendiri, khususnya untuk orang-orang keturunan yang sudah tidak bisa berbicara bahasa Mandarin. Namun, ada juga orang-orang yang khusus datang ke China untuk mempelajari bahasa karena kecintaannya kepada budaya Tiongkok yang sangat kaya dan sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Oleh karena itu, banyak sekali orang yang sangat ingin menguasai bahasa Mandarin dan mengenal lebih dalam budaya Tiongkok yang sangat kaya.

Namun, dengan banyaknya orang yang ingin menguasai bahasa Mandarin, kebanyakan dari mereka merasa terintimidasi dan ketakutan saat mendengar bahasa Mandarin, entah karena huruf Mandarinnya atau karena nada-nada Mandarin. Tetapi, apakah bahasa Mandarin begitu mengerikan? Apakah bahasa Mandarin adalah bahasa tersulit di dunia? Namun, kenyataan yang ada adalah bertolak dengan apa yang kita pikirkan, kenapa? Untuk kita orang Asia justru bahasa Mandarin bukanlah bahasa tersulit untuk di pelajari, karena banyak hal dalam bahasa Mandarin justru yang mirip secara struktur dengan bahasa Indonesia, khususnya masalah penanda waktu. Untuk orang-orang barat memang bahasa Mandarin adalah salah satu bahasa yang sulit karena jauhnya bahasa-bahasa Germanik atau Latin dengan bahasa Mandarin, khususnya di masalah pengucapan dan penulisan. Namun, apakah menguasai bahasa Mandarin adalah hal yang mustahil? Tentu saja tidak, sampai hari ini kami telah melihat banyak sekali orang-orang barat yang sangat mahir dalam berbicara bahasa Mandarin dan merekapun mampu mengucapkannya dengan pelafalan yang sangat bagus, jadi jika kita merasa bahwa mengusai bahasa Mandarin adalah hal yang mustahil, ada baiknya kita ambil kembali kata-kata tersebut.

Pertanyaannya, bagaimana caranya belajar bahasa Mandarin agar mampu menguasai bahasa Mandarin dengan baik dan tentunya di jaman seperti saat ini, mampu mengusai bahasa Mandarin dengan baik dan cepat. Cepat? Banyak orang yang mengira bahwa kita memerlukan waktu bertahun-tahun untuk bisa berbicara dengan orang TIongkok dalam bahasa Mandarin. No! itu adalah mitos dan miskonsepsi, jangan pernah percaya kalau ada orang yang mengatakan bahwa kita memerlukan banyak waktu untuk bisa berbicara dalam bahasa Mandarin. Kenapa? Karena inti dari komunikasi adalah perpindahan pesan dari si sender kepada receiver, artinya saat receiver mampu mengerti pesan yang dikirim oleh si sender maka proses komunikasi sudah terjadi dan kita sudah berhasil berbicara dalam bahasa Mandarin. Kemudian, arti dari berbicara adalah kita memproduksi kata-kata dan kalimat dalam sebuah bahasa, oleh karena itu jika kita hanya menggunakan kata-kata sederhana dan mungkin kurang tepat, kita sudah berhasil berbicara dalam bahasa tersebut. Jadi, sebetulnya dari hari pertama kita belajar pun kita sudah bisa berbicara dan berkomunikasi dalam bahasa Mandarin.

Jadi, tips pertama untuk bisa menguasai bahasa Mandarin adalah dengan mempelajari yang disebut dengan PinYin. Pin Yin adalah penulisan romawi untuk bunyi-bunyi dari setiap huruf Mandarin yang ada, dan ini juga merupakan sebuah bentuk penyederhanaan, karena jika kita belaar bahasa Mandarin di Taiwan, kita tidak akan mendapatkan Pin Yin, dan yang kita dapatkan adalah bentuk-bentuk huruf lain yang di gunakan untuk melafalkan sebuah huruf Mandarin. Kemudian, pastikan bahwa kita bisa melafalkan huruf-huruf tersebut dengan baik, karena banyak bunyi-bunyi dalam bahasa Mandarin yang tidak ada dalam bahasa Indonesia. Kenapa kita perlu bisa melafalkan bunyi-bunyi tersebut dengan baik? Alasannya sebetulnya sangat sederhana, karena setelah bisa melafalkan bunyi-bunyi dengan baik sisa dari bahasa Mandarin akan jauh lebih mudah.

Kedua, kuasai nada-nada dalam bahasa Mandarin, jika kita pikir bahwa nada-nada dalam bahasa Mandarin sangat sulit dan kita tidak bisa membedakan bunyi dari ke empat nada tersebut, artinya kita belum pernah dengar bahasa-bahasa seperti bahasa Kanton, Thailand ataupun Vietnam yang memiliki nada lebih dari bahasa Mandarin. Jadi, untuk mempermudah belajar bahasa China atau Mandarin tentu akan sangat bijak jika kita menguasai nada-nadanya juga.

Ketiga, untuk pemula tentu akan sangat baik jika mulai dari saat ini kalian membaca tulisan ini, perbanyak koleksi lagu-lagu, podcast-podcast dan juga film-film Mandarin kalian, entah itu dari Taiwan ataupun Tiongkok. Kenapa? Karena untuk kita yang baru belajar bahasa Mandarin tentu akan sangat-sangat bijak kalau kita membiasakan telinga kita untuk mendengar bunyi-bunyi bahasa Mandarin, semakin kuping kita terbiasa dengan bahasa Mandarin tentu akan semakin mudah mempelajari bahasanya.

Keempat, latihan tulis huruf Mandarin setiap hari, dan hafalkan arti dan penggunaannya di dalam kalimat. Menurut kami, jika dalam satu hari kalian bisa setidaknya konsisten menguasai 5-10 kata, dalam sebulan kita sudah mampu mengusai 150 – 300 kata. Kemudian, dalam jangka waktu 3 bulan kita sudah bisa menguasai 450 – 900 kata dalam bahasa Mandarin. Jadi, jika menurut kalian 5-10 kata dalam satu hari tidak akan membuat kalian berbicara dalam bahasa Mandarin, coba di pikirkan sekali lagi. Karena dengan 450 –  900 kata tersebut, kalian sudah bisa berbicara obrolan sehari-hari dengan orang Tiongkok atau Taiwan dalam bahasa Mandarin, dan dalam jangka waktu 3 bulan saja. Teori Pareto atau lebih dikenal sebagai 80/20 rule mengatakan bahwa dari 80% yang terjadi adalah karena hasil/akibat dari 20%. Artinya adalah dengan mengusai 20% kata-kata dalam bahasa Mandarin kita setidaknya sudah bisa menguasai 80% hal dalam bahasa Mandarin. Kenapa begitu? Karena sebetulnya kita hidup di dunia yang terbagi atas berbagai domain, ada pemerintahan, bisnis, ekonomi, keuangan, budaya, teknologi, ilmu eksak, ilmu sosial dan banyak yang lainnya. Kemudian, di setiap domain tersebut memiliki bahasa masing-masing atau kata-kata yang hanya bisa digunakan di dunia atau domain tersebut. Tetapi, kita belajar bahasa asing mungkin hanya untuk satu atau dua domain saja. Sehingga, kita tidak perlu mampu menguasai seluruh bahasa untuk bisa berbicara dalam bahasa Mandarin, begitupun dengan bahasa Indonesia kita belum tentu mengerti bahasa kedokteran bukan? Jadi pastikan kalian kuasai bahasa yang kalian pakai, dan tentunya bahasa sehari-hari.

Kelima, pakai bahasa Mandarin dalam kehidupan sehari-hari. Mungkin ini adalah hal tercanggung atau teraneh dari tulisan ini menurut kalian. Tetapi, menurut kami ini adalah cara yang paling efektif dalam menguasai bahasa Mandarin, tentu dengan banyak mendengar bahasa Mandarin kita akan bisa menangkan bahasa Mandarin dengan cepat, namun kita tetap perlu kemampuan berbicara untuk membalas percakapan dan kita perlu melatih otot-otot kita untuk memproduksi setiap kata-kata tersebut, karena bagaimana mungkin kita bisa memproduksi kata-kata yang tidak pernah kita ucapkan.

Pada akhirnya, memang setiap orang memiliki preferensi masing-masing mengenai bagaimana mereka menguasai sebuah bahasa asing, tetapi ini adalah dasar dari bagaimana kita menguasai bahasa Mandarin yang kebanyakan orang berkata bahwa dengan melakukan 5 hal di atas kalian di jamin mampu berbicara dalam bahasa Mandarin dengan baik dan benar. Namun, kembali lagi mungkin kalian memiliki cara sendiri bagaimana belajar bahasa China atau Mandarin ini.